SIAHAAN, ARTIKA IDA SARI BR, 2005030108 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DIINDONESIA KELAS V UPT SD NEGERI 106820 PANCUR BATU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (791kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (162kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (195kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (375kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (295kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Minat belajar siswa tanpa menggunakan metode ice breaking pada mata pelajaran IPS keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V UPT SDN 106820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Minat belajar siswa dengan menggunakan metode ice breaking pada mata pelajaran IPS keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V UPT SDN 106820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode ice breaking, 3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan metode ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V UPT SDN 106820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental research) yaitu hanya satu kelas yang diberi perlakuan (treatment).Desain penelitian ini, yaitu pre�experimental design dengan rancangan one group pretest-posttest berbentuk angket. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 106820 Pancur Batu T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil nilai angket minat belajar siswa tanpa menggunakan metode ice breaking yaitu 58,15. (2) Hasil nilai angket minat belajar siswa dengan menggunakan metode ice breaking yaitu 88,15. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada nilai minat belajar siswa dengan jumlah nilai minat belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas V yaitu thitung sebesar 35,57 dan nilai ttabel sebesar 2,06, maka dapat dsimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan penggunan metode ice breaking terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas V UPT SDN 106820 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ice Breaking, Learning Interest, Social Studies Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | ARTIKA IDA SARI BR SIAHAAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 May 2024 08:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 07 May 2024 08:52 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2320 |
Actions (login required)
View Item |