PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

SEMBIRING, YUNITA M BR, 2005030142 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (636kB)
[img] Text
ABSTRAK WATERMARKS YUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (84kB)
[img] Text
BAB I WATERMARKS YUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
BAB II WATERMARKS YUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)
[img] Text
BAB III-V YUNITA WATERMARKS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARKS YUNITA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] Text
LAMPIRAN YUNITA WATERMARKS.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adaah (1); Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media komik Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024, (2); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media komik Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024, (3); untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024. Masalah yang dialami di sekolah tersebut adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA juga masih tergolong rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060938 yang beralamat di Jl. Luku I Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 39 orang. Sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata pretest siswa diperoleh 38.75 di kelas eksperimen dan 44.40 pada kelas kontrol. Untuk hasil perhitungan rata-rata post test siswa diperoleh 84.06 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 74.34. Sehingga terdapat 9.72 selisih nilai post test antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t_hitung > t_tabel 2.30 > 1.69 dengan taraf signifikan 0.05 yang menyatakan H_a diterima dan H_0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Komik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Comic Learning Media, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. Srie Faizah Lisnasari, M.Silisnasari.2502@gmail.comNIP.0025026706
Pembimbing IIHotma Tiolina Siregar, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIP.0112078003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YUNITA M BR SEMBIRING
Date Deposited: 08 May 2024 07:08
Last Modified: 08 May 2024 07:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item