SEMBIRING, YUNITA M BR, 2005030142 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060938 KECAMATAN MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
Cover .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (636kB) |
|
Text
ABSTRAK WATERMARKS YUNITA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (84kB) |
|
Text
BAB I WATERMARKS YUNITA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (170kB) |
|
Text
BAB II WATERMARKS YUNITA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (327kB) |
|
Text
BAB III-V YUNITA WATERMARKS.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (391kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMARKS YUNITA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (398kB) |
|
Text
LAMPIRAN YUNITA WATERMARKS.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adaah (1); Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media komik Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024, (2); untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media komik Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024, (3); untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor T.P 2023/2024. Masalah yang dialami di sekolah tersebut adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA juga masih tergolong rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060938 yang beralamat di Jl. Luku I Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 yang berjumlah 39 orang. Sampel siswa kelas V sebanyak 2 kelas berjumlah 20 orang kelas eksperimen dan 19 orang kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan instrumen penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Berdasarkan hasil perhitungan rata-rata pretest siswa diperoleh 38.75 di kelas eksperimen dan 44.40 pada kelas kontrol. Untuk hasil perhitungan rata-rata post test siswa diperoleh 84.06 di kelas eksperimen dan rata-rata pada kelas kontrol 74.34. Sehingga terdapat 9.72 selisih nilai post test antara kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh t_hitung > t_tabel 2.30 > 1.69 dengan taraf signifikan 0.05 yang menyatakan H_a diterima dan H_0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Komik berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 060938 Kecamatan Medan Johor Tahun Pelajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Comic Learning Media, Science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | YUNITA M BR SEMBIRING | ||||||||||||
Date Deposited: | 08 May 2024 07:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 08 May 2024 07:08 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2323 |
Actions (login required)
View Item |