MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040508 SARINEMBAH TA. 2018/2019

WATI, SHELLA, 1505030070 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 040508 SARINEMBAH TA. 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (795kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran materi Kegiatan Ekonomi dan Lapangan Kerja dengan menggunakan model Scramble di Kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 040508 Sarinembah. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040508 Sarinembah yang berjumlah 30 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Kegiatan Ekonomi dan Lapangan Kerja dengan menggunakan model Scramble. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran berdasarkan tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian pelaksanaan tes siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 59% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 66, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 18 orang siswa dari 30 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 60% dan nilai rata-rata siswa 67,33 belum mencapai nilai KKM yaitu 70 sehingga diperlukan perbaikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 78, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 26 orang siswa dari 30 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 86,67% dan nilai rata-rata siswa 78,66.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Scramble Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:21
Last Modified: 17 Mar 2021 09:25
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item