PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PECAHAN DESIMAL SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024

DEPARI, NIRWANA BR, 2005030031 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN PECAHAN DESIMAL SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 067246 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover, lembar pengesahan, daftar isi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (841kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (131kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (179kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (117kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunkaan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media papan flanel pada materi perkalian pecahan desimal, hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament tanpa menggunakan media papan flannel pada materi perkalian pecahan desimal siswa kelas V UPT SD Negeri 067246 Medan tahun ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswwa kelas V yang berjumlah 46 orang yang terbagi dalam dua kleas dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest posttest Nonequivalent Control Group Design. Alat pengumpul data menggunkan tes esay berjumlah 3 soal dengan level kognitif C3. Teknik analisis data menggunkan uji t dan uji chi square. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh (1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dengan media papan flannel pada materi perkalian pecahan desimal diperoleh rata-rata 33,125 dengan kriteria sedang, (2) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunkan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament tanpa media papan flannel pada materi perkalian pecahan desimal diperoleh rata-rata 29,31 dengan kriteria rendah dan (3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif teams games tournmanet dengan media papan flannel terhadap hasil belajar matematika materi perkalian pecahan desimal siswa kelas V UPT SD Negeri 067246 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Model Teams Games Tournament, Flannel Board, Mathematics Learning Outcomes Cooperative Learning Model Teams Games Tournament, Flannel Board, Mathematics Learning Outcomes Cooperative Learning Model Teams Games Tournament, Flannel Board, Mathematics Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M. PdDosen@gmail.comNIDN. 0010126402
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S. Sos. I., M. PdDosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NIRWANA BR DEPARI
Date Deposited: 08 May 2024 07:31
Last Modified: 08 May 2024 07:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2330

Actions (login required)

View Item View Item