TARIGAN, EMA SRI ULINA BR, 2005030081 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KAMPUNG BUGIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPULL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (464kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (293kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (313kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (476kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (763kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (289kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS tanpa menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video, hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video dan pengaruh menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan tes essay sebagai instrument penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan V-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui pretest (tes awal). Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dengan meenggunakan pretest dan postest. Teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis independent sampel T-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 29.0.0.1. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Berdasarkan uji normalitas nilai pretest kelas kontrol = 0,200 > 0,05, nilai postest kelas kontrol = 0,037 > 0,05, nilai pretest kelas eksperimen = 0,101 > 0,05 dan nilai postest kelas eksperimen = 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. 2) Uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansinya 0,425 > 0,05 sehingga bersifat homogen. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05, maka HO di tolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cycle 5E, Video Media, Social Studies Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | EMA SRI ULINA BR TARIGAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 13 May 2024 08:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 May 2024 08:02 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |