PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KAMPUNG BUGIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024

TARIGAN, EMA SRI ULINA BR, 2005030081 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CYCLE 5E BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KAMPUNG BUGIS TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPULL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (476kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (763kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (289kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar IPS tanpa menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video, hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video dan pengaruh menggunakan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis Tahun Pelajaran 2023/2024. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan tes essay sebagai instrument penelitian. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis yang berjumlah 48 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V-A berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan V-B berjumlah 23 siswa sebagai kelas kontrol yang ditentukan melalui pretest (tes awal). Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dengan meenggunakan pretest dan postest. Teknik analisis data yang menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis independent sampel T-test dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 29.0.0.1. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Berdasarkan uji normalitas nilai pretest kelas kontrol = 0,200 > 0,05, nilai postest kelas kontrol = 0,037 > 0,05, nilai pretest kelas eksperimen = 0,101 > 0,05 dan nilai postest kelas eksperimen = 0,200 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. 2) Uji homogenitas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai signifikansinya 0,425 > 0,05 sehingga bersifat homogen. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan pada hasil belajar dengan nilai sig. sebesar 0,001 < 0,05, maka HO di tolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Cycle 5E berbantuan media video terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Kampung Bugis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cycle 5E, Video Media, Social Studies Lessons
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIND. 0129038101
Pembimbing IIDr. Gemala Widiyarti, S.Sos, M.Pdgemalawidiyarti@gmail.comNIDN. 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: EMA SRI ULINA BR TARIGAN
Date Deposited: 13 May 2024 08:02
Last Modified: 13 May 2024 08:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2338

Actions (login required)

View Item View Item