MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN AJARAN 2018/2019

SEMBIRING, EMPINTANTA BR, 1505030058 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 045952 GURUSINGA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui Metode Eksperimen pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada topik batang pada tumbuhan di kelas IV SD Negeri 045952 Gurusinga Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 045952 Gurusinga. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 34 orang, 14 laki-laki dan 20 perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Metode Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada topik batang pada tumbuhan di Kelas IV SD Negeri 045952 Gurusinga Tahun Ajaran 2018/2019. Pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes essay sebanyak 3 soal yang dibatasi pada jenjang kognitif C1 dan C2. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 78,2% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 80 serta siswa yang tuntas secara individu 29 orang, secara klasikal 85,39% dan rata-rata 74,32.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Methods Experimental, Subject Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:26
Last Modified: 10 Feb 2020 07:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item