PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107103 LANTASAN BARU PADA BIDANG STUDI IPAS T.P 2023/2024

BARUS, INTAN SARI BR, 2005030206 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 107103 LANTASAN BARU PADA BIDANG STUDI IPAS T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

TUjuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS materi Indonesia kaya hayatinnya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan Pembelajaran Konvensional di kelas V SDN 107103 Lantasan baru T.P 2023/2024. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SDN 107103 Lantasan baru T.P 2023/2024 pada tanggal 29 - 30 Januari 2024 sebagai subjeknya adalah siswa kelas V- A dan V- B dengan jumlah siswa di kelas V- A ada 22 orang dan kelas V- B ada 21 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas V- A adalah 44,28 dan rata–rata hasil tes awal kelas V- B adalah 45,9.Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V- A dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning rata-rata hasil belajar siswa 74,25 dan pada kelas V- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata– rata hasil belajar 60,9 Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan model problem based learning dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xhitung (X2) = 4,76 > Xtabel =2,01. Maka ditolak dan diterima artinya ada pengaruh dari model pembelajaran Problem based learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 107103 Lantasan baru T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Science, Model, Problem based learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDrs. yason mendrofa, S.Pd, M.Pdyasonmendrofa@gmail.comNIDN. 0102075901
UNSPECIFIEDJaunal togatorop, S.Pd., M.Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN. 01024028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: INTAN SARI BR BARUS
Date Deposited: 24 May 2024 08:34
Last Modified: 24 May 2024 08:34
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2344

Actions (login required)

View Item View Item