SURBAKTI, EKA YULIA TRIPENA BR, 1505030111 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (802kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (764kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Pelaksanaan Pembelajaran, Ketuntasan Belajar, serta Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Menceritakan Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia di Kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bertingkat Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Menceritakan Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia di Kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru,aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal.Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru dan siswa,dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal,dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkeriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 66,2% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 82, serta siswa yang tuntas secara individu 24 orang, secara klasikal 85,8%,dan rata-rata 81,5.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Models Make a Match | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2020 07:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Mar 2021 01:47 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/235 |
Actions (login required)
View Item |