MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SURBAKTI, EKA YULIA TRIPENA BR, 1505030111 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MENCERITAKAN TOKOH-TOKOH SEJARAH PADA MASA HINDU-BUDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI BERTINGKAT RAYA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Pelaksanaan Pembelajaran, Ketuntasan Belajar, serta Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Menceritakan Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia di Kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Bertingkat Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model Make a Match pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Menceritakan Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu-Budha, dan Islam di Indonesia di Kelas V SD Negeri Bertingkat Raya Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru,aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal.Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktifitas guru dan siswa,dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal,dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus.Hasil akhir dari penelitian diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkeriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 66,2% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 82, serta siswa yang tuntas secara individu 24 orang, secara klasikal 85,8%,dan rata-rata 81,5.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Models Make a Match
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993202001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:32
Last Modified: 23 Mar 2021 01:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item