PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO (TPOT) BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU T.P 2023/2024

AURELIA, PUTRI, 2005030079 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE POWER OF TWO (TPOT) BERBASIS LITERASI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 101819 PANCUR BATU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul putri.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (667kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (459kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (839kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (922kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa tanpa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two (TPOT) berbasis literasi pada siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2023/2024, (2) untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two (TPOT) berbasis literasi pada siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2023/2024, (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dengan penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two (TPOT) berbasis literasi pada siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2023/2024. Adapun masalah yang dihadapi sekolah tersebut adalah keterampilan siswa dalam berbicara masih tergolong rendah dan juga kurangnya keaktifan siswa dalam berdiskusi serta siswa kurang bersosialisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2023/2024. Terdiri dari kelas V A dan kelas V B dengan jumlah siswa 32 orang. Jumlah siswa dari masing-masing kelas yaitu 16 orang siswa kelas V A dan 16 orang siswa kels V B. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan buku pembelajaran siswa. Berdasarkan perhitungan rata-rata hasil observasi dikelas kontrol diperoleh nilai rata-rata sebesar 56 dan rata-rata dikelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata sebesar 90. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji T dengan taraf signifikan α=0.05 sehingga diperoleh t_hitung = 36,01 > 1,697261. Karena t_hitung > t_tabel maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two (TPOT) berbasis literasi pada siswa kelas V SD Negeri 101819 Pancur Batu T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Strategies, speaking skills, TPOT
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRESTIO SIDEBANG, M.PdRestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IIRUPINA MAGDALENA BR TARIGAN, M.PdTiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PUTRI AURELIA
Date Deposited: 20 May 2024 07:16
Last Modified: 20 May 2024 07:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2353

Actions (login required)

View Item View Item