PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2021

TARIGAN, NATASYA BR, 2005030215 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, dan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam Tema 6 Panas dan Perpindahannya materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan Pembelajaran Konvensional di kelas V SDN 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan T.P 2023/2024. sebagai subjeknya adalah siswa kelas V- A dan V- B dengan jumlah siswa di kelas V- A ada 28 orang dan kelas V- B ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen tes essay sebanyak 5 soal yang telah di validasi oleh validator. Rata–rata hasil tes awal kelas V- A adalah 48,89 dan rata–rata hasil tes awal kelas V- B adalah 54,22.Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas V- A dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching rata-rata hasil belajar siswa 85,60 dan pada kelas V- B dengan menggunakan Pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata hasil belajar 80,60. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji independen dua faktor, siswa yang diajar dengan model Quantum Teaching dan siswa yang diajarkan dengan Pembelajaran Konvensional diperoleh hasil diperoleh Xhitung (X2) = 10,94 > Xtabel =9,49. Maka H_0 ditolak dan H_1diterima artinya ada pengaruh dari model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Tema 6 Panas dan Perpindahannya siswa kelas V SDN 064025 Jl.Flamboyan Raya Medan T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Model Quantum Teaching, Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Pembimbing IISiti Zahara H. Harahap, S.Pd, M.Pdzaharaharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NATASYA BR TARIGAN
Date Deposited: 13 May 2024 08:11
Last Modified: 13 May 2024 08:11
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2356

Actions (login required)

View Item View Item