MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

SEBAYANG, DESY PERBINA BR, 1505030053 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BERTINGKAT RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (913kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa serta peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan Model Talking Stick pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat di Kelas IV SD Negeri Bertingkat Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Raya yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Talking Stick pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah Di Lingkungan Setempat di Kelas IV SD Negeri Bertingkat Raya Tahun Ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60% berkriteria cukup; aspek aktivitas siswa mendapat nilai 68 berkriteria cukup; nilai rata-rata 67,4 individu yaitu 15 siswa yang tuntas dan 12 siswa yang tidak tuntas, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 55%. Hasil belajar siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 67,4% berkriteria baik dan hasil obervasi aktivitas siswa mendapat nilai 86 berkriteria baik, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 13 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajarnya 4 siswa dari 27 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II menjadi 86% dan nilai rata-rata 80,7.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:38
Last Modified: 10 Feb 2020 07:38
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/236

Actions (login required)

View Item View Item