PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD SWASTA CERDAS BANGSA T.P 2023/2024

GINTING, ELI PROYANTI BR, 2005030187 (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SD SWASTA CERDAS BANGSA T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (562kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (539kB)
[img] Text
BAB III-IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (667kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar IPA materi perubahan dan sifat benda dengan menggunakan model Discovery Learning berbasis media Power Point di kelas III SD Swasta Cerdas Bangsa T.P 2023/2024, hasil belajar IPA materi perubahan dan sifat benda dengan menggunakan model Discovery Learning tanpa menggunakan media Power Point di kelas III SD Swasta Cerdas Bangsa T.P 2023/2024, dan pengaruh yang signifikan penggunaan model Discovery Learning berbasis media Power Point di kelas III SD Swasta Cerdas Bangsa T.P 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esai sebanyak 5 soal. Hasil rata-rata nilai tes akhir yang diperoleh kelas III-A sebanyak 82 yakni kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning berbasis media power point dan kelas III-B sebayak 65 yakni kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model discovery learning tanpa menggunakan media power point. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi dan digambarkan dalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model discovery learning berbasis media power point dan pembelajaran dengan model discovery learning tanpa menggunakan media power point. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk (2-1)(3-1) sehingga didapat nilai uji hipotesis yaitu 〖X^2〗_hitung=9,391>〖X^2〗_tabel=5,99 maka H_o ditolak H_1 diterima. Hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Discovery Learning Berbasis Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan dan Sifat Benda di Kelas III SD Swasta Cerdas Bangsa T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning Model, Power Point Media, Science learning outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDDrs. SEJAHTRA, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN: 17096602
UNSPECIFIEDMUHAMMAD DALIANI, S. Pd., M. Simddaniboys@gmail.comNIDN: 0128088804
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELI PROYANTI BR GINTING
Date Deposited: 14 May 2024 07:51
Last Modified: 14 May 2024 07:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2369

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item