PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 060841 MEDAN PETISAH T.A 2023/2024

TAMBA, LISA DORKAS, 2005030062 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SDN 060841 MEDAN PETISAH T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER BARNING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (59kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (191kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
BAB 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video pada materi sumber daya alam pada kelas IV SD Negeri 060841 Medan Petisah Tahun Ajaran 2023/2024. (2)untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa berbantuan video pada pembelajaran IPAS pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 060841 Medan Petisah Tahun Ajaran 2023/2024. (3)untuk mengetahui adakah pengaruh hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video dan tanpaberbantuan video pada pembelajaran IPAS pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 060841 Medan Petisah TahunAjaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 060841 Medan Petisah Tahun Ajaran 2023/2024. Dengan populasi siswa kelas IV-A 20 Siswa dan kelas IV-B 20 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan alat pengumpulan datayang digunakan berbentuk essay. dari analisis data dan hipotesis(1) diperoleh nilairata-rata siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan video pada materi sumber daya alam di kelas IV-B SD Negeri 060841 Medan Petisah Tahun Ajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata-rata ialah 81,9. (2) Hasil belajar IPAS yang diajarkan menggunakan model Problem Bsed Learning tanpa berbantuan video materi sumber daya alam di kelas IV-A SD Negeri 060841 Medan Petisah Tahun Ajaran 2023/2024 diperoleh nilai rata- rata ialah 75. (3)Terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based learning (PBL) Berbantuan video terhadap hasil belajar siswa IPAS Materi sumber daya alam di kelas IV SDN 060841 Medan Petisah T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence, Model, Problem Based Learning, Learning Outcomes, Ipas
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIDr. Srie Fizah Lisnasari, M.Silisnasari2502@gmail.comNIDN. 0025026706
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LISA DORKAS
Date Deposited: 14 May 2024 07:23
Last Modified: 14 May 2024 07:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item