PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060841 MEDAN PETISAH TAHUN AJARAN 2023/2024

TOGATOROP, YANTI, 2005030021 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060841 MEDAN PETISAH TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (828kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO ENG.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (333kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran game interaktif berbasis powerpoint yang layak digunakan pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060841 Medan Petisah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran game interaktif berbasis powerpoint adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penilaian validasi dari ahli media memperoleh presentase 89,2% dengan kategori sangat valid dan validasi dari ahli materi memperoleh nilai presentase 89,5% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran game interaktif berbasis powerpoint yang dilakukan oleh guru wali kelas V memperoleh hasil presentase 92,3% dengan kategori sangat praktis dan uji kepraktisan oleh respon peserta didik kelas V SD Negeri 060841 Medan Petisah memperoleh hasil data nilai presentase 91,5% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran game interaktif berbasis powerpoint layak digunakan dan diterapkan pada pembelajaran IPA kelas V karena telah memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Interactive Games, PowerPoint, Science
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRinci Simbolon, M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Pembimbing IIHasni Suciawati, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YANTI TOGATOROP
Date Deposited: 14 May 2024 07:19
Last Modified: 14 May 2024 07:19
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2375

Actions (login required)

View Item View Item