PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 101819 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2023/2024

SIBERSEMA, REVI, 2005030070 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV SD NEGERI 101819 PANCUR BATU TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER FIX REVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (592kB)
[img] Text
ABSTRAK REVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (318kB)
[img] Text
BAB I REVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
BAB II REVI .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (607kB)
[img] Text
BAB III-V REVI .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN REVI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa tanpa menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster pada pembelajaran IPAS Kelas IV materi daerahku dan kekayaan alamnya di SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster pada pembelajaran IPAS Kelas IV materi daerahku dan kekayaan alamnya di SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster terhadap hasil pembelajaran IPAS Kelas IV materi daerahku dan kekayaan alamnya di SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 06 -13 Februari 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik sebanyak 5 soal essay. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IV SD SD Negeri 101819 Pancur Batu yang berjumlah 42 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata pre test untuk kelas eksperimen = 55,47 dan nilai rata-rata kelas kontrol = 52,14 sementara untuk nilai rata-rata post test kelas eksperimen = 82,14 dan nilai rata-rata post test kelas kontrol = 60,47. Hasil uji hipotesis uji t menunjukkan bahwa nilai thitung = 53,38 > ttabel = 1.720 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster terhadap hasil belajar IPAS peserta didik dengan Pembelajaran Daerahku dan Kekayaan Alamnya di kelas IV SD Negeri 101819 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa hasil belajar siswa tanpa menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster pada pembelajaran IPAS memperoleh nilai rata-rata 60,47 dengan kriteria cukup dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster pada pembelajaran IPAS memperoleh nilai 82,14 dengan kriteria baik. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan poster terhadap hasil pembelajaran IPAS Kelas IV dengan materi Daerahku dan Kekayaan Alamnya dengan nilai 53,38%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Poster, Science Learning Results
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IRUPINA MAHDALENA BR TARIGAN S.Pd, M.Pd, S.Pd, M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 0111108901
Pembimbing IIRESTIO SIDEBANG, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: REVI SIBERSEMA
Date Deposited: 20 May 2024 04:06
Last Modified: 20 May 2024 04:06
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2379

Actions (login required)

View Item View Item