MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATAPELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 046574 SADA PERARIH KEC.MERDEKA T.P 2018/2019

TORONG, FERLI, 1505030333 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATAPELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 046574 SADA PERARIH KEC.MERDEKA T.P 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (703kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (356kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengukur hasil belajar siswa dalam Pembelajaran IPAdengan menggunakan metode Demonstrasidi kelas V SD Negeri 046574 Sada Perarih kec. Merdeka Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah kelas V SDNegeri 046574 Sada Perarihyang berjumlah 28 orang siswa, dan sebagai objek penelitian ini adalah menggunakan Metode Demonstrasi pada mata pelajaran IPA dengan materi Gaya. Jenis dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes tertulis yang berupa pilihan ganda dan lembar observasi. Dari hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan persentae 56,4% dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa mendapat skor 64, sedangkan dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 19 siswa dari 28 siswadan yang tidak tuntas 9 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 68% dan nilai rata-rata siswa 65,7%. Berdasarkan tes Siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 80,2% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu dengan skor 84, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajarnya yaitu 25 siswa dari 28 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada Siklus II yaitu 89% dan nilai rata-rata siswa 85.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Demonstration Method, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:49
Last Modified: 10 Feb 2020 07:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item