MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

GINTING, KARUNIA BR, 1505030022 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI PERPINDAHAN KALOR DI KELAS V SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (747kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Kelas V SD Negeri 040577 Kuta Gerat Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa (12 laki-laki dan 12 perempuan) dan objek penggunaaan metode eksperimen dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran pada aspek aktivitas guru 60% berkriteria cukup; aspek aktivitas siswa mendapat nilai 68 berkriteria cukup; nilai rata-rata 71,87; ketuntasan belajar secara individu yaitu 18 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 75%. Berdasarkan hasil penelitian siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru 80% berkriteria baik; hasil observasi aktivitas siswa mendapat nilai 88 berkriteria baik; nilai rata-rata 80,20; ketuntasan belajar secara individu yaitu 21 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas; sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 87,5%.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science Subjects, Experiment Methods, Learning Outcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993202001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:04
Last Modified: 10 Dec 2020 04:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/241

Actions (login required)

View Item View Item