MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN PPKn MATERI MAKNA SIMBOL DAN NILAI SILA-SILA PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TARIGAN, GITA ANJELINA BR, 1505030015 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MATA PELAJARAN PPKn MATERI MAKNA SIMBOL DAN NILAI SILA-SILA PANCASILA DI KELAS IV SD NEGERI 040577 KUTA GERAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (810kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (792kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar sisw melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran PPKn materi makna simbol dan nilai sila-sila Pancasila di kelas IV SD Negeri 040577 Kuta Gerat Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV yang berjumlah 34 orang (12 laki-laki dan 13 perempuan) dan Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh hasil observasi guru 58 % dan hasil observasi siswa 64 dan ketuntasan klasikal 76%. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkategori baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 78% sedangkan hasil deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 86 serta siswa yang tuntas secara individu 22 orang, secara klasikal 88% dan rata-rata 86,5.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Models, Pancasila And Civic Education
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993202001
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:10
Last Modified: 20 Mar 2021 04:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item