MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TELAUMBANUA, KARTIKA, 1505030050 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL SISWA KELAS IV SD NEGERI PERCONTOHAN KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (906kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan Media Audio Visual dan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan media pembelajaran audio Audio Visual lebih baik daripada menggunakan pembelajaran Konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Percontohan Kabanjahe, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 50 orang yang terbagi atas dua kelas IVa dan IVb. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media Audio Visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Gaya dan Gerak. Tes yang digunakan adalah essay dan lembar observasi aktifitas guru dan siswa. Berdasarkan data hasil pelaksanaan pembelajaran pada lembar hasil observasi aktifitas guru siklus I adalah 60% berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi guru meningkat menjadi 86,88% berkategori baik. Pada lembar observasi aktifitas siswa siklus I diperoleh hasil 62,5 berkategori cukup, pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa meningkat menjadi 87.5 berkategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual siklus I adalah 13 orang, pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 22 orang siswa dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I diperoleh 52%, pada siklus II ketuntasan secara klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai siklus I adalah 68,6, pada siklus II meningkat menjadi 83. Pada pembelajaran konvensional ketuntasan hasil belajar secara individual adalah 11 orang, pada ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 44% dengan nilai rata-rata 67.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Result Of Scince Study, Media Visual Audio
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:37
Last Modified: 18 Mar 2021 09:45
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item