PURBA, JESICA NOVELNA BR, 2005030184 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ALAT PERAGA TATA SURYA KELAS VI SD NEGERI 067776 MEDAN JOHOR TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
sampul..1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (605kB) |
|
Text
abstrak ....pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (323kB) |
|
Text
BAB 1..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (178kB) |
|
Text
BAB II..pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (462kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (651kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran alat peraga tata surya dikelas VI SD Negeri 067776 Medan Johor. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian research and development dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 067776 Medan Johor tepatnya berada di gg. Sekolah, kwala bekala kecamatan Medan Johor, Medan Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2024 selama 2 hari. Subjek penelitian ini adalah sekolah 067776 Medan Johor kelas VI yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil skor yang diberikan oleh kedua validator yaitu validator ahli materi memperoleh skor 87,5% dan validator ahli media memperoleh skor 97,5% dan skor yang diperoleh dari kedua validator termasuk kedalam kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 100 sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah alat peraga yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan alat peraga yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran. Maka diharapkan diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai alat peraga di sekolah khususnya pada materi tata surya.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Props, Solar System. | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | JESICA NOVELINA BR PURBA | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 May 2024 03:49 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 May 2024 03:49 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2435 |
Actions (login required)
View Item |