SEMBIRING, ESTRIK ENIKA BR, 1505030029 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 045952 GURU SINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (746kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (902kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi tokoh-tokoh yang memprolamasikan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilnya. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 21 orang siswa (70%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 67,5. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 28 orang siswa (93%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga pada pelajaran IPS dalam materi Tokoh-Tokoh Yang Memproklamasikan Kemerdekaan Idonesia.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teams Games Tournaent (TGT) |
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching |
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] |
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah |
Date Deposited: | 10 Feb 2020 08:42 |
Last Modified: | 10 Feb 2020 08:42 |
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/244 |
Actions (login required)
View Item |