MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 045952 GURU SINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, ESTRIK ENIKA BR, 1505030029 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI 045952 GURU SINGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (746kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (902kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi tokoh-tokoh yang memprolamasikan kemerdekaan indonesia di kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga Penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan menentukan rata-rata persentase aktivitas guru dan siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan kemudian menentukan kriteria keberhasilnya. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 21 orang siswa (70%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata yaitu 67,5. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu 28 orang siswa (93%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 77,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 045952 Gurusinga pada pelajaran IPS dalam materi Tokoh-Tokoh Yang Memproklamasikan Kemerdekaan Idonesia.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournaent (TGT)
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:42
Last Modified: 10 Feb 2020 08:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/244

Actions (login required)

View Item View Item