PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 104185 SEI SEMAYANG KEC. SUNGGAL T.P 2023/2024

TARIGAN, RAENA ADHELITA BR, 2005030084 (2024) PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DI KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 104185 SEI SEMAYANG KEC. SUNGGAL T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
file sampul respository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (586kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (489kB)
[img] Text
bab 3 sampai 5 respository.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (213kB)
[img] Text
lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan media Pop Up Book dan pembelajaran tanpa menggunakan media Pop Up Book pada materi luas bangun datar persegi dan persegi panjang dikelas IV UPT SPF SD Negeri 104185 Sei Samayang Kec.Sunggal. adapun masalah dari sekolah tersebut adalah hasil belajar yang dicapai siswa dalam pembelajaran matematika belum maksimal. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IV A 70,41 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media Pop Up Book dan kelas IV B 56,6 sebagai kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas control dapat didistribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media Pop Up Book dikelas eksperimen dan pembelajaran tanpa media Pop Up Book kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = (2-1)(5-1) = 4 di dapat ternyata x^2 = 9,967 > x_(0,95)(4)^2 = 9,49. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan media Pop Up Book yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas IV UPT SPF SD Negeri 104185 Sei Semayang Kec. Sunggal.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Pop Up Book
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs Hartono Sembiring, M.Pdono366@gmail.comNIDN. 19065702
Pembimbing IIRobert Sinaga, STP., M.Sirobertsinaga89@gmail.comNIDN. 0102088901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RAENA ADHELITA BR TARIGAN
Date Deposited: 27 May 2024 08:16
Last Modified: 27 May 2024 08:16
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2441

Actions (login required)

View Item View Item