MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMIDI INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING , FEBRINA BR, 1505030091 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMIDI INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (944kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (846kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia di Kelas V SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040454 Peceren yang berjumlah 40 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia di Kelas V SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60% dengan kriteria cukup dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa 68 dengan kriteria cukup. ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 26 siswa tuntas dan siswa yang tidak tuntas 14 siswa dari 40 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 65% dan nilai rata-rata sebesar 54,5. Hasil penelitian Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 75% dengan kriteria baik dan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa 80 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 35 siswa tuntas dan siswa yang tidak tuntas 5 siswa dari 40 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 87,5% dan nilai rata-rata sebesar 78,75.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make a Match Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 08:48
Last Modified: 10 Feb 2020 08:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/245

Actions (login required)

View Item View Item