PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR KALI BAGI BERBANTUAN SPIN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD TRIWIRA MOHAGA T.P 2023/2024

GINTING, GRECIA AGITHA, 2005030171 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PINTAR KALI BAGI BERBANTUAN SPIN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD TRIWIRA MOHAGA T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (639kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (563kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kevalidan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Kali Bagi Berbantuan Spin Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Triwira Mohaga T.P 2023/2024, 2) Kepraktisan Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pintar Kali Bagi Berbantuan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Triwira Mohaga T.P 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan Model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini dilaksanakan di SD Triwira Mohaga dengan objek penelitian adalah 6 orang siswa, 3 siswa perempuan dan 3 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan nilai rata-rata 88,75% dan termasuk dalam kategori “sangat valid”, serta kepraktisan dapat dilihat dari hasil angket respon guru dengan nilai 96% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran papan pintar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat praktis”. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran papan pintar yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis penggunaannya dalam proses pembelajaran. Untuk itu disarankan bagi guru yang menggunakan media pembelajaran papan pintar yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai referensi dalam pembelajaran, maka diharapkan dapat memanfaatkannya sebagai media pembelajaran di sekolah khususnya pada materi perkalian dan pembagian.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Smart Board, Development, Spin
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.Pdverakartini@gmail.comNIDN. 121048704
Pembimbing IISiti Zahara H.Harahap, M.PdZahraharahap.zh@gmail.comNIDN. 0114078802
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: GRECIA AGITHA GINTING
Date Deposited: 24 May 2024 04:40
Last Modified: 24 May 2024 04:40
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item