PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KUIS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 105329 WONOSARI T.P 2023/2024

RAJAGUKGUK, HARI GUNAWAN, 2005030099 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME KUIS MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2 PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV UPT SPF SD NEGERI 105329 WONOSARI T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (77kB)
[img] Text
BAB I..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB)
[img] Text
BAB III-V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media game kuis pada pembelajaran IPAS di kelas IV UPT SPF SD Negeri 105329 Wonosari. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan ketertarikan media game kuis. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model PPE ( Planning, Production, Evaluasi). Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media game kuis adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 78,3% dengan kategori valid. Validator ahli materi diperoleh data presentase sebesar 83,3% dengan kategori valid. Adapun uji kepraktisan media game kuis yang dilakukan oleh guru kelas IV diperoleh data presentase sebesar 95% dengan kategori praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas IV SD Negeri 105329 Wonosari diperoleh data presentase sebesar 71,4% dengan kategori praktis. Dengan demikian media game kuis pada pembelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 105329 Wonosari yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Quiz Game, History
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si., M. Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: HARI GUNAWAN RAJAGUKGUK
Date Deposited: 27 May 2024 06:53
Last Modified: 27 May 2024 06:53
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2466

Actions (login required)

View Item View Item