PERANGIN-ANGIN, TESALONIKA JUNY AGNESYA, 2005030120 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER SELESAI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (439kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (32kB) |
|
Text
BAB I SELESAI.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (693kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (154kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran IPA materi organ peredaran darah kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian ini berpopulasi di Kelas V SD Negeri 065013 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga langkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada materi organ peredaran darah kelas V SD "Sangat Valid" dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 90,6% dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 96,8% dengan kategori "Sangat Valid", oleh ahli materi dihasilkan 92,6% dengan kategori "Sangat Valid". Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas V SD melalui angket Respon Guru sebesar 91,6% dengan kategori "Sangat Praktis", dan Respon peserta didik kelas V SD sejumlah 20 orang sebesar 83,6% dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada materi organperedaran darah kelas V SD Negeri 065013 Medan "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Development, Digital Snakes and Ladders | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | TESALONIKA JUNY AGNESYA BR PA | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 May 2024 07:37 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 May 2024 07:37 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2469 |
Actions (login required)
View Item |