PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024

PERANGIN-ANGIN, TESALONIKA JUNY AGNESYA, 2005030120 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA DIGITAL PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER SELESAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (439kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB)
[img] Text
BAB I SELESAI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (156kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (154kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada mata pelajaran IPA materi organ peredaran darah kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian ini berpopulasi di Kelas V SD Negeri 065013 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga langkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas V dan peserta didik kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada materi organ peredaran darah kelas V SD "Sangat Valid" dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 90,6% dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 96,8% dengan kategori "Sangat Valid", oleh ahli materi dihasilkan 92,6% dengan kategori "Sangat Valid". Rincian persentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas V SD melalui angket Respon Guru sebesar 91,6% dengan kategori "Sangat Praktis", dan Respon peserta didik kelas V SD sejumlah 20 orang sebesar 83,6% dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan ular tangga berbasis digital pada materi organperedaran darah kelas V SD Negeri 065013 Medan "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Digital Snakes and Ladders
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHasni Suciawaty, S.Pd, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
UNSPECIFIEDRinci Simbolon, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: TESALONIKA JUNY AGNESYA BR PA
Date Deposited: 21 May 2024 07:37
Last Modified: 21 May 2024 07:37
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item