MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FLORIA, ASTINA BR PA, 1505030205 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS III SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (808kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (357kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan “Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKN di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2018/2019”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040538 Sampun, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 040538 Sampun. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran PKN pokok bahasan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda di kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 60,5% berkategori cukup, aktivitas siswa 68% berkatagori cukup; ketuntasan klasikal 36,4%; dan nilai rata-rata 59,54 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 69,1% berkatagori baik dan aktivitas siswa 76% berkatagori baik, dengan ketuntasan klasikal 86,4%, nilai rata-rata 86,4.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Mind Mapping Models, Youth Oath Values
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231992031002
Pembimbing IIJainal B. Togatorop, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0124028702
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 09:10
Last Modified: 07 Dec 2020 02:47
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item