PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI PETUNJUK ARAH KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN

SIMAMORA, YUTRIA MARINTAN, 2005030279 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI PETUNJUK ARAH KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
1 COVER YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)
[img] Text
2 ABSTRAK YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52kB)
[img] Text
3 BAB I YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
4 BAB II YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (473kB)
[img] Text
5_ BAB III-V YUTRIA FIX.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6 DAFTAR PUSTAKA YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text
7 LAMPIRAN YUTRIA FIX.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Petunjuk Arah kelas IV-A SD Negeri 065013 Medan. Penelitian ini berpopulasi di Kelas IV SD Negeri 065013 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV-A SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga langkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi petunjuk arah kelas IV SD " Sangat Valid" dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 88,3% dan setelah melakukan revisi kepada ahli media, dihasilkan kembali 96,6% dengan kategori "Sangat Valid", oleh ahli dihasilkan 93,3% dengan kategori "Sangat Valid". Rincian Presentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas IV SD melalui angket Respon Guru sebesar 100% dengan kategori "Sangat Praktis", dan Respon peserta didik kelas IV SD sejumlah 20 orang sebesar 85,5% dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi canva pada materi petunjuk arah kelas IV SD Negeri 065013 Medan "Sangat Valid" dan "Sangat Praktis" digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Canva app-based learning
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHasni Suciawati, S.Pd.,M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
UNSPECIFIEDDr. Dedi Holden Simbolon, S.Si.,M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN. 0103118701
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: YUTRIA MARINTAN SIMAMORA
Date Deposited: 22 May 2024 02:49
Last Modified: 22 May 2024 02:49
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2471

Actions (login required)

View Item View Item