PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN

PERANGIN-ANGIN, KRISTIANITA BR, 2005030085 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (51kB)
[img] Text
BAB l.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (701kB)
[img] Text
BAB_lII_IV_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva pada mata pelajaran PKn materi persatuan dan kesatuan kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model Richey and Klein atau PPE (Planning, Production dan Evaluation). Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 98,3% dengan kategori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh data presentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva yang dilakukan oleh guru kelas V diperoleh data presentase sebesar 100% dengan kategori praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas V SD Negeri 065013 Medan diperoleh data presentase sebesar 87.3% dengan kategori praktis. Dengan demikian media pembelajaran video animasi berbasis canva pada mata pelajaran PKn materi persatuan dan kesatuan kelas V SD Negeri 065013 Medan yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Animation Video Development, Canva, Unity and Unity
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHasni Suciawaty, S.Pd, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
UNSPECIFIEDRinci Simbolon, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: KRISTIANIT BR PERANGIN-ANGIN
Date Deposited: 22 May 2024 02:33
Last Modified: 22 May 2024 02:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item