PERANGIN-ANGIN, KRISTIANITA BR, 2005030085 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MATA PELAJARAN PKn KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (428kB) |
|
Text
abstrak.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (51kB) |
|
Text
BAB l.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (195kB) |
|
Text
BAB ll.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (701kB) |
|
Text
BAB_lII_IV_V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (108kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis canva pada mata pelajaran PKn materi persatuan dan kesatuan kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan menggunakan model Richey and Klein atau PPE (Planning, Production dan Evaluation). Instrument yang digunakan untuk mengukur kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva adalah lembar validasi dan lembar angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari validator ahli media diperoleh presentase 98,3% dengan kategori sangat valid. Validator ahli materi diperoleh data presentase sebesar 100% dengan kategori sangat valid. Adapun uji kepraktisan media pembelajaran video animasi berbasis canva yang dilakukan oleh guru kelas V diperoleh data presentase sebesar 100% dengan kategori praktis untuk digunakan dan uji kepraktisan respon siswa kelas V SD Negeri 065013 Medan diperoleh data presentase sebesar 87.3% dengan kategori praktis. Dengan demikian media pembelajaran video animasi berbasis canva pada mata pelajaran PKn materi persatuan dan kesatuan kelas V SD Negeri 065013 Medan yang dikembangkan dinyatakan sudah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Animation Video Development, Canva, Unity and Unity | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | KRISTIANIT BR PERANGIN-ANGIN | ||||||||||||
Date Deposited: | 22 May 2024 02:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 22 May 2024 02:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2473 |
Actions (login required)
View Item |