PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024

MARBU, IRLINDIA, 2005030276 (2024) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
cover irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (559kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (131kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB III - BAB V irlindia Marbun.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN irlindia Marbun.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, mendeskripsikan desain pengembangan, membuktikan kelayakan, dan membuktikan keefektifan media pembelajaran komik digital berbasis flipbook untuk siswa kelas V SD Negeri 065013 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan metode pengembangan model Richey and Klein atau sering disebut dengan model PPE yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital berbasis flipbook dengan memperhatikan dua aspek kualitas, yaitu valid dan praktis. Teknik pengumpulan data kualitatif melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik pengumpulan data kuantitatif melalui lembar validasi dan angket. Perancangan produk dilakukan sesuai dengan kebutuhan yang terdapat disekolah, produksi dilakukan yaitu dengan menyusun indikator dan materi ke dalam media, dan yang terakhir adalah mengevaluasi media yang sudah dibuat kepada validator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebutuhan akan media pembelajaran IPA berupa komik digital berbasis flipbook cukup tinggi apalagi dalam mempelajari materi ekosistem. Selanjutnya, dalam merancang komik digital berbasis flipbook melalui crome dengan cara mengklik link yang sudah dibagikan, Komik digital juga dibuat dalam bentuk PDF agar dapat digunakan melalui PC atau laptop tanpa mengakses internet. Selanjutnya, penilaian validasi ahli media sebesar 100%, ahli materi 91,6%, respon guru 98,3 %, dan angket respon peserta didik sebesar 85,4 %, sehingga media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kritea sangat layak. Penggunaan komik digital berbasis flipbook sangat layak dalam membantu peserta didik kelas V SD negeri 065013 medan dalam memahami pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA materi ekosistem.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning media, comic digital, fip book,ecosystem
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 580 Plants, Botany
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 371.9 Special Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHASNI SUCIAWATI, S.Pd, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
UNSPECIFIEDRinci Simbolon, S.Pd., M.Pdsimbolonrinci@gmail.comNIDN. 0121118703
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: IRLINDIA BR MARBUN
Date Deposited: 22 May 2024 02:39
Last Modified: 22 May 2024 02:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2476

Actions (login required)

View Item View Item