MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BANGUN, RIMA WENSI BR, 1505030321 (2019) MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (816kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemerintahan Pusat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 65, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 60% dan rata-rata nilai siswa adalah 64. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 80% dan observasi aktivitas siswa adalah 85, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 87% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemerintahan Pusat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru adalah 60% dan observasi aktivitas siswa 65, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa belum tercapai secara klasikal dengan presentase 60% dan rata-rata nilai siswa adalah 64. Sedangkan hasil siklus II diperoleh pelaksanaan pembelajaran dari observasi aktivitas guru meningkat menjadi 80% dan observasi aktivitas siswa adalah 85, sehingga pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa sudah tercapai secara klasikal dengan presentase 87% dan rata-rata nilai siswa meningkat menjadi 81.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research (CAR), Learning Outcomes, Talking Stick Model
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Pembimbing IIJusuf Sitepu, S.Pd., S.H., M.Pd-NIP. 19560306197601003
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 09:34
Last Modified: 21 Nov 2020 03:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item View Item