PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOAD PADA MATERI BAGIAN - BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024

SARAGIH, LENI APRIANTI, 2005030115 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NEARPOAD PADA MATERI BAGIAN - BAGIAN TUMBUHAN KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL LENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (692kB)
[img] Text
ABSTRAK LENI (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
BAB I SEMHAS LOGO LENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (193kB)
[img] Text
BAB II SEMHAS LOGO LENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V LENI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA LENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN LENI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran menggunakan aplikasi Nearpod dengan materi bagian – bagian tumbuhan di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan modifikasi model pengembangan Richey and Klein yaitu PPE. Model pengembangan ini terdiri dari perancangan, produksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan data uji kevalidan dan data uji kepraktisan. Data kuantitatif dan kualitatif dianalisis menggunakan skala likert. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis nearpod materi bagian – bagian tumbuhan dikelas IV sekolah dasar. Lembar validasi ahli materi dan media, serta angket respon peserta didik dan guru merupakan instrumen penelitian yang digunakan. Berdasarkan hasil validasi ahli media menunjukkan persentase 100% dengan kategori “Valid”, hasil validasi ahli materi menunjukkan persentase 93,33% dengan kategori “Valid”. Media nearpod tersebut kemudian diujikan kepada siswa kelas IV untuk dilihat tanggapan guru dan peserta didik. Hasil respon guru diperoleh persentase sebesar 98,33% dan hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 89,03% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Dengan demikian produk pengembangan media pembelajaran berbasis nearpod dengan materi bagian – bagian tumbuhan layak digunakan untuk pembelajaran IPAS di kelas IV.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Development, Learning Media, Nearpod, PPE
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDHasni Suciawaty, S.Pd, M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN. 0104048903
UNSPECIFIEDSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumSitirakiyah09@gmail.comNIDN. 110058507
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LENI APRIANTI SARAGIH
Date Deposited: 21 May 2024 07:42
Last Modified: 21 May 2024 07:42
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2488

Actions (login required)

View Item View Item