MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 048232 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019

KETAREN, MAHARANI BR, 1505030418 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 048232 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (537kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (781kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (782kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (308kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan Pokok Bahasan Sumber Daya Alam di dengan Menggunakan Model Pembelajaran NHT di Kelas IV SD Negeri 048232 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2018/2019. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 048232 Kabanjahe. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 048232 Kabanjahe yang berjumlah 30 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Mengunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes pilihan berganda. Hasil pelaksanaan penelitianpembelajaran berdasarkan tes siklus I pada aktivitas guru berkategori cukup dengan nilai 59% dan aktivitas siswa berkategori cukup dengan nilai 68. Ketuntasan individu 22 orang siswa yang tuntas dan 8 orang siswa yang tidak tuntas. Ketuntasan klasikal 73% yang tuntas dan 27% yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 72,33. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus II dengan perbaikan diperoleh pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru yaitu dengan persentase 79,7% dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa yaitu 86, dari ketuntasan individu yang tuntas belajarnya yaitu 27 orang siswadan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 orang siswa, sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II yaitu 90% yang tuntas dan 10% yang tidak tuntas dan nilai rata-rata siswa 84.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models, Numbered Head Together (NHT)
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Endalina Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 195812231987032001
Pembimbing IIRestio Sidebang, M.Pd-NIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 09:39
Last Modified: 23 Jan 2021 05:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/249

Actions (login required)

View Item View Item