MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA BERDASARKAN ASALNYA DI KELAS IV SD NEGERI 044852 BUKIT T.P 2017/2018

BARUS, LITA SARI BR, 1405030043 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA BERDASARKAN ASALNYA DI KELAS IV SD NEGERI 044852 BUKIT T.P 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (988kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (718kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Mengelompokkan Benda Berdasarkan Asalnya kelas IV SD Negeri 044852 Bukit Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044852 Bukit yang berjumlah 28 orang, Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick pada mata pelajaran IPA materi Mengelompokkan Benda Berdasarkan Asalnya Tahun Ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 59,6%dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 69% dengan kategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas 8 siswa dari 28 siswa,sedangkan ketuntasan hasil belajar secara klasikal diperoleh 71,42% dengan nilai rata-rata 74,28. Hasil belajar siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80 dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa memperoleh nilai 87;3 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 25 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dari 28 siswa,sedangkan ketuntasan klasikal hasil perbaikan pada siklus II adalah 87% dan nilai rata-rata 87,85.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, and Talking Stick Models
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Eduard, M.Si-NIP. 196612231002031002
Pembimbing IIJanwar Frihasan Sinuraya, S.Pd., M.Pd-NIDN. 0106019101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 10 Feb 2020 09:42
Last Modified: 23 Nov 2020 03:36
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item