MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II SDN 040456 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, BERTA ERNALA BR, 1505030317 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS II SDN 040456 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (659kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (238kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN 040456 Berastagi yang terdiri menjadi dua kelas yang berjumlah 52 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Energi dan Kegunaanya di Kelas II SDN 040456 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019 . Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes yang dibatasi pada ranah kognitif C1 dan C2. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, rata-rata hasil belajar dan Uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 34,85% dari 59,1% menjadi 79,7%. Aktivitas siswa meningkat 32,35% dari 68 menjadi 90, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal 27,77% dari 69,23% menjadi 88,46% yang tuntas dan nilai rata-rata meningkat 21,84 dari 60,02 menjadi 80,44.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Learning Model, Energy Sources An Uses
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:27
Last Modified: 11 Feb 2020 03:27
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/251

Actions (login required)

View Item View Item