PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT. SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024

GINTING, IMELDA BR, 2005030061 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT. SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER IMELDA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (224kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (322kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (576kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (299kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. 3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Sampel dari penelitian ini 18 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 74. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 81. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas IV yaitu thitung 1,83 > ttabel 1,70, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Learning Outcomes, Science Lessons
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, M.Pdtiganrupina@gmail.comNIDN. 111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: IMELDA BR GINTING
Date Deposited: 30 May 2024 04:04
Last Modified: 30 May 2024 04:04
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2514

Actions (login required)

View Item View Item