GINTING, IMELDA BR, 2005030061 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV UPT. SD NEGERI 060930 MEDAN JOHOR T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER IMELDA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (224kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (280kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (322kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (576kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (299kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. 3) Pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SDN 060930 Medan Johor T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Sampel dari penelitian ini 18 siswa. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 74. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 81. (3) Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t sehingga diperoleh data nilai posttest kelas IV yaitu thitung 1,83 > ttabel 1,70, maka dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Benda-benda dan Sifatnya di kelas IV UPT SD Negeri 060930 Medan Johor T.P 2023/2024.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Learning Outcomes, Science Lessons | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology 300 Sosial Science > 370 Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education 300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | IMELDA BR GINTING | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2024 04:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2024 04:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2514 |
Actions (login required)
View Item |