MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 046415 BATUKARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PURBA, EDITA SERI KARINA BR, 1505030051 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 046415 BATUKARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (876kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (696kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (854kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (229kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dan peningkatakan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Example non Example. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046415 Batukarang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Example non Example pada mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial di Lingkungan yang digunakan adalah esay dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Examplenon Example pada materi Masalah Sosial di Lingkungan kelas lima dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Models Example non Example
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196792251998012001
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:51
Last Modified: 01 Mar 2021 08:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item View Item