PURBA, EDITA SERI KARINA BR, 1505030051 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN MASALAH SOSIAL DI LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 046415 BATUKARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (876kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (332kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (443kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (696kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (854kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (229kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Example non Example dan peningkatakan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Example non Example. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046415 Batukarang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas lima yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Example non Example pada mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial di Lingkungan yang digunakan adalah esay dan lembar observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal. Pada siklus I terdapat 15 siswa yang tuntas belajarnya sedangkan pada siklus II terdapat 17 siswa yang tuntas belajarnya dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat. Dengan demikian pelaksaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Examplenon Example pada materi Masalah Sosial di Lingkungan kelas lima dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Learning Models Example non Example | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2020 03:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Mar 2021 08:50 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/252 |
Actions (login required)
View Item |