MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040456 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SITEPU, MARIA CKAROLINA BR, 1505030324 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 040456 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (606kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (883kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (560kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040456 Berastagi adalah hasil belajar siswa yang belum tuntas secara klasikal ≥85. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040456 Berastagi, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri menjadi dua kelas yang berjumlah 52 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model Make A Match Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 040456 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019.Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C1 dan C2. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 48.68% dari 54.72% menjadi 81.36%. Aktivitas siswa meningkat 30.03 dari 66.6 menjadi 86.6, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal 25.02% dari 71.42% menjadi 89.29% yang tuntas dan nilai rata-rata meningkat 21.92 dari 65.17 menjadi 79.46.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Learning Make A Match Methods, Style
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Heryanto, M.Pd-NIP. 196412101992031002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 03:56
Last Modified: 23 Mar 2021 08:50
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item