PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PAPAN LOMPAT DIGITAL BERBASIS GENIALLY PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN T.P 2023/2024

KARO-KARO, RIPALDI, 2005030114 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN PAPAN LOMPAT DIGITAL BERBASIS GENIALLY PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS IV SD NEGERI 065013 MEDAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover..pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
BAB II'.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
BAB III-V'''.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (775kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA''.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (73kB)
[img] Text
LAMPIRAN;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (571kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran permainan papan lompat digital berbasis Genially pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV-A SD Negeri 065013 Medan. Penelitian ini berpopulasi di Kelas IV SD Negeri 065013 Medan dan yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV-A SD Negeri 065013 Medan. Penelitian pengembangan ini juga untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran berbasis aplikasi canva. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model PPE yang mencakup tiga langkah antara lain: Planning (Perencanaan), Production (Produksi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui Penelitian ini menggunakan data uji kevalidan oleh validator media dan validator materi sedangkan data uji kepraktisan oleh guru kelas IV dan peserta didik kelas IV SD. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket dan lembar validasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran permainan papan lompat digital berbasis Genially pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya Sangat Valid dengan rincian persentase kevalidan yang diberikan oleh ahli media 100% dengan kategori Sangat Valid, oleh ahli materi dihasilkan 93,3% dengan kategori Sangat Valid. Rincian Presentase kepraktisan yang diberikan oleh guru melalui kelas IV SD melalui angket Respon Guru sebesar 100% dengan kategori Sangat Praktis, dan Respon peserta didik kelas IV SD sejumlah 20 orang sebesar 86,3% dengan kategori "Sangat Praktis". Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran permainan papan lompat digital berbasis Genially pada mata pelajaran IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV SD Negeri 065013 Medan Sangat Valid dan Sangat Praktis digunakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Digital Science Learning, Learning Media
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 550 Earth Sciences
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHasni Suciawati, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0104048903
Pembimbing IIRupina Magdalena Br Tarigan, S.Pd.,M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0111108901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RIPALDI KARO-KARO
Date Deposited: 25 May 2024 04:30
Last Modified: 25 May 2024 04:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item