MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BARUS, LESTARIA SOPIYANTI BR, 1505030044 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN IPS SUB TEMA JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV SD SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (508kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (406kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping pada pembelajaran IPS Sub Tema Jenis-jenis Pekerjaan di kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi yang berjumlah 46 orang dan objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Pembelajaran IPS Sub Tema Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas IV SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru siklus I adalah 59,6% yang masih berkriteria cukup. Dan setelah melakukan perbaikan siklus II adalah 77,8% atau berkriteria baik. Hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa siklus I 68 atau kriteria cukup. Dan setelah melakukan perbaikan siklus II yaitu 82 atau berkriteria baik. Ketuntasan klasikal diperoleh dari 46 siswa yang tuntas belajarnya siklus I adalah 35 (76,09%) dan setelah siklus II adalah 40 (87%), sehingga hasil tes belajar tuntas secara klasikal dan nilai rata-rata siswa siklus I adalah 77,82 dan siklus II adalah 88,2 peningkatanya dari siklus I ke siklus II adalah 11,8.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping Learning Model, Learning Implementation, Learning Outcomes, Improving Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Br Karo Sekali, M.Pd-NIP. 19670902199302002
Pembimbing IIDra. Elisa, M.Pd-NIP. 196106011988012001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:17
Last Modified: 23 Nov 2020 03:31
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item