PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 105308 PANCUR BATU T.P 2023/2024

TARIGAN, SELVIA THERESIA BR, 2005030152 (2024) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PERMAINAN LUDO TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 105308 PANCUR BATU T.P 2023/2024. Skripsi thesis, Universitas Quality.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)
[img] Text
Abstrak-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (247kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (526kB)
[img] Text
BAB III-V (2).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (978kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (136kB)
[img] Text
LAMPIRAN-1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPAS dengan menggunakan media permainan ludo pada materi Ada Apa Saja di Bumi Kita kelas V SD Negeri 105308 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024, untuk mengetahui pengaruh signifikan penerapan Media Permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa pada materi Ada Apa Saja di Bumi kita di kelas V SD Negeri 105308 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 November 2023 di SD Negeri 105308 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 105308 Pancur Batu. Berjumlah 29 orang siswa yaitu 16 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design. Jenis design penelitian ini adalah one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah tes pilihan berganda. Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada materi Ada Apa Saja di Bumi kita sebelum penerapan media Permaian Ludo (Pretest) 51.37 belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan ludo (Posttest) diperoleh nilai rata-rata hasil belajar 80 dan memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terdapat pengaruh yang signifikan hal ini diketahui dari nilai t hitung sebesar 4,7 pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh t tabel 1,703. t hitung > t tabel maka hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan Media Permainan Ludo terhadap hasil belajar siswa pada materi Ada Apa Saja di Bumi kita di kelas V SD Negeri 105308 Pancur Batu TP 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPAS, Influence of Ludo Media , What 's up just on earth We
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHotma Tiolina Siregar, M. Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN. 0112078003
Pembimbing IIUlfah sari rezeki, M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SELVIA THERESIA BR TARIGAN
Date Deposited: 24 May 2024 04:28
Last Modified: 24 May 2024 04:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2566

Actions (login required)

View Item View Item