PENERAPAN MODEL TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA SUB TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH KELAS II SD SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

BARUS, IMELDA BR, 1505030084 (2019) PENERAPAN MODEL TEBAK KATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA SUB TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN RUMAH KELAS II SD SWASTA MASEHI BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (641kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (935kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (325kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran, mengetahui ketuntasan belajar, dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Tebak Kata pada pelajaran IPA di kelas II SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019”. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Swasta Masehi Berastagi yang berjumlah 42 orang, 22 orang perempuan dan 20 orang laki-laki. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Tebak Kata pada pelajaran IPA Sub Tema Bermain di Lingkungan Rumah kelas II SD Swasta Masehi Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Tes soal pilihan berganda dan Lembar Observasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 59,2% kriteria cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 kriteria cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 34 siswa, sedangakan ketuntasan belajar secara klasikal diproleh 81% dan nilai rata – rata sebesar 78,69. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78,3% dengan kriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 82 dengan kriteria baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 38 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 90% dan nilai rata – rata sebesar 83,80.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Learning, Learning Outcomes, and Guess the Word Model
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDra. Pelista Karo Sekali, M.Pd-NIP. 196709021993202001
Pembimbing IIRestar Tarigan, S.Pd., M.Pd--
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:22
Last Modified: 21 Nov 2020 04:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item