PENGARUH MENCERITAKAN KEMBALI ISI BACAAN YANG TELAH DIBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024

PURBA, CORRY REGINA, 2005030253 (2024) PENGARUH MENCERITAKAN KEMBALI ISI BACAAN YANG TELAH DIBACA TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 064025 MEDAN TUNTUNGAN T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL WATERMAKS CORRY JUMAT 11 MEI 2024 (BENAR).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (735kB)
[img] Text
ABSTRAK WATERMAKS 11 MEI 2024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (424kB)
[img] Text
BAB I WATERMAKS 9 MEI 2024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (312kB)
[img] Text
BAB II WATERMAKS 9 MEI 2024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (265kB)
[img] Text
GABUNGAN BAB 3,4,5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WATERMAKS 9 MEI 2024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN WATERMAKS 9 MEI 2024.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh menceritakan kembali isi bacaan yang telah dibaca terhadap kemampuan memahami bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024. Lokasi penelitian di sekolah SD Negeri 064025 Medan Tuntungan. Metode yang digunakan peneliti yaitu metode Eksperimen. Dan Instrumen yang digunakan dalam peneliti berupa tes essay yaitu melihat Kemampuan memahami bacaan pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat diketahui bahwa kemampuan memahami bacaan setelah perlakuan menggajarkan menceritakan kembali isi bacaan cerita secara tepat dengan cara membuat suatu ringkasan dari bacaan cerita yang dibaca nya dengan kata-katanya sendiri memperoleh nilai rata rata 86,8, termasuk kriteria baik sekali, sementara siswa yang Tanpa menceritakan kembali isi bacaan memperoleh nilai rata rata 75,2, termasuk kriteria baik. Dan ada pengaruh yang signifikan melalui menceritakan kembali isi bacaan dengan cara membuat suatu ringkasan dari bacaan cerita yang dibaca nya dengan kata-katanya sendiri terhadap kemampuan memahami isi bacaan dengan menggunakan materi legenda ciung wanara di kelas V SD Negeri 064025 Medan Tuntungan Tahun Pelajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experiment, Retelling, Ability to Understand
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pddapot1002@gmail.comNIDN. 0010026601
Pembimbing IIRita Herlina BR PA, S.Pd., M.Pdrperangin@gmail.comNIDN. 0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: CORRY REGINA PURBA
Date Deposited: 24 May 2024 02:55
Last Modified: 24 May 2024 02:55
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item