MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 040460 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TOBING, ERFI BR, 1505030311 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 040460 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (883kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (882kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (275kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (611kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model artikulasi paada mataa pelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan model artikulasi pada mata pelajaran IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa dan Budaya Di Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 040460 Berastagi Tahun Pelajaran 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 20 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 71% dan nilai rata-rata sebesar 73,03. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 78% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa diperoleh 84 dengaan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 24 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 86% dan nilai rata-rata sebesar 77,32.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Articulation Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 372.4 Reading
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:32
Last Modified: 11 Feb 2020 04:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/259

Actions (login required)

View Item View Item