PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI T.P 2023/2024

SEMBIRING KEKELENGENTA, RUTH, 2005030230 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD DHARMA WANITA PERTIWI T.P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Cover;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (268kB)
[img] Text
Abstrak;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
Bab I;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text
Bab II;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (153kB)
[img] Text
Bab III-V;.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (330kB)
[img] Text
Daftar Pustaka;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
Lampiran;.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (453kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning, dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPA Siswa Kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi T.A 2023/2024. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, penelitian ini dilaksanakan di SD Dharma Wanita Pertiwi. populasi seluruh siswa kelas V sebanyak 15 orang. Dengan jumlah siswa di kelas Eksperimen 15 orang siswa. Alat pengumpulan data berupa tes yang berbentuk essay sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas data, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan Uji t. Hasil belajar IPA siswa sebelum menggunakan model PBL kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi T.A 2023/2024 diperoleh rata 44 berkategori tidak cukup. Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Problem Based Learning siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi T.A 2023/2024 di peroleh nilai rata rata 88 berkategori sangat Baik. Dapat dismpulkan Ada pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Dharma Wanita Pertiwi T.A 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcmes,Science, Problem based learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr.Gemala Widiyarti, S.Sos.,I., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0123098602
Pembimbing IIJuniko Esra Tarigan, S.Pd., M.Pddosen@gmail.comNIDN. 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: RUTH KEKELENGENTA SEMBIRING
Date Deposited: 25 May 2024 04:35
Last Modified: 25 May 2024 04:35
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item