PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T. P 2023/2024

MILALA, MILJA, 2005030308 (2024) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA DI KELAS IV SD NEGERI 064023 KEMENANGAN TANI T. P 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Caver.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (437kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (531kB)
[img] Text
Bab III- Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (822kB)
[img] Text
daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (253kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan media puzzle dan pembelajaran konvensional pada materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD Negeri 064023 kemenangan tani. Adapun masalah dari sekolah tersebut adalah model pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran IPS kurang bervariasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes. Hasil nilai rata-rata tes akhir yang diperoleh kelas IV-A 75 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan media puzzle dan kelas IV-B 63 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk diagram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan media puzzle di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional kelas kontrol dapat diketahui bahwa Thitung > sebesar 2,958 Ttabel sebesar2, 003 pada taraf signifikan alpha=0, 05. Maka kriteria Thitung > Ttabel yaitu 2,958 > 2,003. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan menggunakan konvensional. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar IPS materi indonesiaku kaya budaya di kelas IV SD Negeri 064023 Kemenangan Tani Tahun Pelajaran 2023/2024

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, learning media, puzzle
Subjects: 300 Sosial Science > 301 Sociology and Anthropology, Human, Society
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJuniko Esra Tarigan, S. Pd., M. Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN. 0110068902
Pembimbing IIDrs. Heryanto, M. Pdazisheryanto64@gmail.comNIDN. 0010126402
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MILJA MILALA
Date Deposited: 28 May 2024 07:48
Last Modified: 28 May 2024 07:48
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item