CHRISTIN, IRMALIA, 1505030210 (2019) ANALISIS KESALAHAN PENULISAN HURUF KAPITAL DAN TANDA BACA PADA PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS V SD NEGERI 040443 KABANJAHE T.A 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (93kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (150kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (246kB) |
|
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (88kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan huruf kapital dan tanda baca pada paragraf deskriptif yang di bacakan oleh peneliti dan di tulis kembali olehsiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu metode yang melibatkan peneliti secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian dideskripsikan dalam kata-kata. Adapun pengolahan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan langkah-langkah pengklasifikasian, pengodean, penabulasian, pembetulan/pengoreksian, pengkalkulasian, penginterpretasi, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan pada penulisan huruf capital, kesalahan terbesar yang paling sering dilakukan siswa yaitu pada penulisan huruf pertama awal kalimat dengan persentase 77,0%. Kesalahan tersebut terlihat pada pemulaan kalimat, baik awal kalimat maupun pergantian kalimat. Indikasi kealahan ini sering terjadi Pertama, adanya keterbiasaan dari siswa itu sendiri. Kedua, siswa tidak terlatih menulis huruf kapital pada huruf pertama awalkalimat. Pada tanda baca kesalahan terbanyak yaitu kesalahan penghilangan tanda titik pada akhir kalimat yang bukan pertanyaan/seruan dengan persentase 66,0%. Indikasi yang menyebabkan kesalahan ini terjadi pertama, ketidaktelitian siswa setelah akhir kalimat menggunakan tanda titik sehingga siswa kurang memperhatikan kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Kedua, ketidaktahuan siswa akan penempatan tanda titik ketika akhir kalimat. Faktor lain penyebab kesalahan yaitu motivasi belajar siswa rendah, respon dan sikap siswa yang kurang baik selama proses belajar, guru yang hanya menghandalkan metode ceramah dan lebih menekankan aspek teoretikal dari pada keterampilan praktis bahasa tulis, dan materi ajar yang kurang dipahami siswa.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Capitalization, Punctuation, Descriptive Paragraph | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Feb 2020 06:57 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2020 09:49 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/261 |
Actions (login required)
View Item |