PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV DI SDS JHON WESLEY METHODIST SCHOOL T.A 2023/2024

BARUS, MELINDA WATI BR, 2005030141 (0024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA KELAS IV DI SDS JHON WESLEY METHODIST SCHOOL T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
Sampul Skripsi Melinda Barus Watermak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (95kB)
[img] Text
ABSTRAK FIKS watermak Melinda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (50kB)
[img] Text
BAB I FIKS WATERMAK Melinda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
BAB II FIKS WATERMAK Melinda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (159kB)
[img] Text
BAB III-BAB V FIKS WATERMAK Melinda.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (340kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIKS WATERMAK Melinda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (110kB)
[img] Text
LAMPIRAN FIKS WATERMAK Melinda.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (579kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran powerpoint khususnya pada materi gaya di kelas IV,dan mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran powerpoint pada materi gaya di kelas IV SD Swasta Jhon Wesley Methodist School.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Jhon Wesley Methodist yang beralamat di jalan Rakoeta S. Brahmana, Lau Kesumpat, Kec. Mardingding, Kab. Karo. Sebagai subyeknya adalah siswa kelas IV berjumlah 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Produk media pembelajaran powerpoint ini mendapatkan hasil validasi dari ahli materi dengan skor presentase sebesar 84,38% yang berarti valid. Hasil validasi dari ahli desain media pembelajaran mendapatkan skor presentase sebesar 87,50% yang berarti valid, sedangkan hasil validasi dari ahli pembelajaran atau wali kelas mendapatkan skor presentase sebesar 95% yang juga berarti valid. Kemudian hasil uji coba pelaksanaan (kelompok kecil) didapatkan skor presentase 82%, hasil uji coba lapangan didapatkan skor 90.48% yang berarti berada padakualifikasi valid. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran powerpoint ini juga berhasil memberikan respon yang baik dari siswa siswa hal ini diketahui dengan diberikannya instrumen penilaian berupa angket respon kepada siswa setelah proses pembelajaran. Produk media pembelajaran Powerpoint ini mendapatkan rata-rata penilaian sebesar 84,38% yang jika dikonversikan ke dalam tabel respon siswa termasuk kedalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Style Material,Powerpoint Media,Development
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IJainal Togatorop, M.Pdjainaltogatorop@gmail.comNIDN. 124028702
Pembimbing IILasma Melinda Siahaan, M.Simelinshn@gmail.comNIDN. 0123079101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: MELINDA WATI BR BARUS
Date Deposited: 27 May 2024 02:59
Last Modified: 27 May 2024 02:59
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2611

Actions (login required)

View Item View Item