MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEMBIRING, RISDI PRANATHA, 1505030138 (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUMBER DAYA ALAM DI KELAS IV SD NEGERI 040474 TIGA SERANGKAI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (739kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (314kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040474 Tiga Serangkai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai yang berjumlah 20 orang. Objek dalam penelitian ini adalah pengunaan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 040474 Tiga Serangkai Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengumpulan dara yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang diguanakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajar individu, ketuntasan klasikal, dan rata – rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian diproleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkreteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 80% sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 88, serta yang tuntas secara individu 17 orang secara klasikal 85%, dan rata – rata 90.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make A Match Models
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 11 Feb 2020 07:01
Last Modified: 11 Feb 2020 07:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item