PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPAS DI SDS PENUAI MEDAN T.A 2023/2024

TARIGAN, NADILA FLORENTINA BR, 2005030217 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPAS DI SDS PENUAI MEDAN T.A 2023/2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (369kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (517kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (324kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (474kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (884kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDS Penuai Medan Tahun Ajaran 2023/2024”. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa yakni seluruh siswa kelas IV SDS Penuai Medan Tahun Ajaran 2023/2024”. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan teknik pemilihan yaitu total sampel di kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan diajarkan dengan menggunakan Model pembelajaran Quantum Learning. Kelas IVB sebagai kelas kontrol yang di ajarkan secara konvensioal. Teknik pengambilan data penelitian adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay test. Analisis data mengunakan uji prasyarat ( normalitas, homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar dapat dilihat dari x ̅, kelas eksperimen 77,52 dan x ̅kontrol 70,31. Data post test dengan uji lilifors kelas eksperimen di peroleh L0 = 0,1024 < L(0.05)(17) = 0.206 untuk a = 5% dari jumlah siswa 17, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan Model pembelajaran Quantum Learning berdistribusi normal. Dan data hasil belajar kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional yang diuji kenormalannya dengan uji lilliefors diperoleh L0 = 0,1744 < L(0.05)(13) = 0,234 untuk a = 5% dari jumlah siswa 13, maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran Konvensional berdistribusi normal. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga F = 2,2699 < F(0.05)(17)(13)= 2,42 untuk a = 5%, n1 = 17 n2 = 13. Maka H0 diterima, sehingga data hasil belajar kelas yang diajar dengan Model pembelajaran Quantum Learning dan kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional mempunyai Varians yang homogen. Dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan rumus uji independen antara dua faktor data hasil belajar kelas yang diajar dengan Model pembelajaran Quantum Learning dan kelas yang diajar dengan pembelajaran Konvensional, sehingga diperoleh hasil x²= 15,13 > = 5,99 karena x²> maka H0 ditolak H1 diterima. Sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Quantum Learning terhadap hasil belajar IPAS materi Sejarah Kerajaan -Kerajaan di Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDS Penuai Medan Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum Learning Model, IPAS LearningOutcomes
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
300 Sosial Science > 370 Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372 Elementary Education
300 Sosial Science > 370 Education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing ITina Sheba Cornelia Sitompul, S.Pd.,M.Pddomtinasitompul@gmail.comNIDN. 0120058705
Pembimbing IIDr. Ulfah Sari Rezeki, S.Pd.,M.Pdulfahsari6@gmail.comNIDN. 0106129001
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: NADILA FLORENTINA BR TARIGAN
Date Deposited: 27 May 2024 03:12
Last Modified: 27 May 2024 03:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item View Item